About

Pages

Monday, August 31, 2015

ALAT PERNAPASAN MANUSIA MATERI IPA KELAS 5 SD


Bernafas adalah menghirup oksigen ( O2 ) dan mengeluarkan karbon dioksida (CO2)

  • Alat pernapasan manusia terdiri atas :

1. Hidung


Keluar masuknya udara melalui hidung, di dalam rongga hidung terdapat rambut hidung yang berfungsi untuk menyaring udara dan selaput lendir yang berfungsi untuk menyesuaikan suhu dan kelembapan udara.



2. Tenggorokan


Udara dari hidung kemudian masuk ke tenggorokan ( Trakhea ). Tenggorokan merupakan saluran yang panjangnya sekitar 8 - 9 cm. ujung tenggorokan ( Trakhea ) bercabang dua yang disebut Bronkus. 






3. Paru - paru
paru - paru terdapat didalam rongga dada di atas diafragma, diafragma adalah sekat antara rongga dada dengan rongga perut. Paru - paru ada dua yaitu paru - paru kanan yang terdiri dari atastiga gelambir dan paru paru kiri terdiri atas dua gelambir

Didalam paru paru terdapat Bronkiolus. Bronkiolus adalah cabang cabang Bronkus. Bronkiolus juga mempunyai cabang yang halus dan tipis dan sangat banyak, setiap ujung cabang bronkiolus membentuk kantung berdinding tipis yang disebut alveolus.


  • Proses pernapasan manusia

Proses pernapasan manusia di atur oleh diafragma dan otot yang ada diantara tulang rusuk, pada saat menarik napas, otot diafragma mengerut. akibatnya diafragma mendatar, otot dada membesar dan udara masuk keparu - paru. selain itu paru - paru dapat pula terisi udara dengan mengerunya otot antar tulang rusuk. Otot tulang rusuk yang mengerut menyebabkan rongga dada membesar dan udara masuk kedalam paru - paru. Proses masuknyaudara kedalam paru paru ini disebut Inspirasi.
Begitu sebaliknya pada saat mengeluarkan napas, otot diafragma dan ototantar tulang rusuk mengendur. Akibatnya rongga dada mengecil dan paru - paru mengempis, sehingga gas CO2 atau karbon dioksidda terdorong keluar. proses mengeluarkan napas ini disebut Ekspirasi



0 comments:

Post a Comment