About

Pages

Monday, April 13, 2015

FATHU MAKKAH

FATHU MAKKAH
Pembebasan Mekkah (bahasa Arab: فتح مكة, Fathu Makkah) fataha : pembukaan / pembebasan, makkah : kota makkah. merupakan peristiwa yang terjadi pada tahun 630 M tepatnya pada tanggal 10 Ramadan 8 H, dimana Muhammad beserta 10.000 pasukan bergerak dari Madinah menuju Mekkah, dan kemudian menguasai Mekkah secara keseluruhan tanpa pertumpahan darah sedikitpun, sekaligus menghancurkan berhala yang ditempatkan di dalam dan sekitar Ka'bah.
penyebab terjadinya fathu makkah adalah karena bani Bakr menyerang dan membunuh 20 orang laki-laki dari bani Khuza’ah di Al Watir, kemudian beberapa Bani Khuzaah melarikan diri kek kota Makkkah dan berlindung kepada keluarga Budail bin Warqa,dan kemudian Amr bin Salim menceritakannya kepada Rasulullah SAW yang berada di Madinah. Mendengar kejadian tersebut Rasulullah SAW. Segera mengirim utusan kepada kafir Quraisy untuk memberikan pilihan, yang isinya:
1.      Kaum Quraisy membayar diyat ( denda ) bagi keluarga korban yang terbunuh
2.      Mengutuk perbuatan Bani Bakar yang menyerang Bani Khuza’ah
3.      Membatalkan perjanjian Hudaibiyah yang berarti peperangan
Atas pilihan tersebut kaum Quraisy memilih membatalkan perjian Hudaibiyah dan memilih peperangan, namun mereka menyesal, kemudian mengutus Abu Sufyan untuk memperbarui perjanjian Hudaibiyah, namun Rasulullah SAW menolaknya.
Tanggal 10 Ramadan 8 H, Nabi Muhammad beserta 10.000 pasukan bergerak dari Madinah menuju Mekkah, dan kota Madinah diwakilkannya kepada Abu Ruhm Al-Ghifary.
Saat di Marru Zahran Abu sufyan menemui Rasulullah dan menyatakan masuk Islam, Rasulullah kemudian memberikan syarat apabila kafir Quraisy ingin selamat yaitu :
1.      Barang siapa yang memasuki rumah Abu Sufyan dia selamat
2.      Barang siapa yang menutup pintunya rapat – rapat dia selamat
3.      Barang siapa yang berada di Masjidil Haram dia selamat
Ketika sampai di Dzu Thuwa, Rasulullah membagi pasukannya, yang terdiri dari 3 bagian, yaitu
Khalid bin Walid memimpin pasukan untuk memasuki Mekkah dari bagian bawah,
Zubair bin Awwam memimpin pasukan memasuki Mekkah bagian atas dari bukit Kada', dan menegakkan bendera di Al-Hajun,
Abu Ubaidah bin al-Jarrah memimpin pasukan dari tengah lembah hingga sampai ke Mekkah.

Dari Al-Hajun Nabi Muhammad memasuki Mesjid Al-Haram dengan dikelilingi kaum Muhajirin dan Anshar. Setelah thawaf mengelilingi Ka'bah, Nabi Muhammad mulai menghancurkan berhala dan membersihkan Ka'bah. Dan selesailah pembebasan Mekkah.

0 comments:

Post a Comment